Sabtu, 18 Januari 2014

Komponen Elektronik


Assalamualaykum

Alhamdulillah bisa ketemu lagi nih. Kali ini kita akan membahas tentang komponen elektronika sederhana. Monggo sekarang disimak dulu.







  • Resistor
Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir. (wiki) Komponen ini paling banyak dipakai dalam rangkaian elektronik, bahakan hampir semua rangkaian menggunakan resistor. 

Untuk menghitung nilai resistor monggo disimak gambar dibawah ni

Nah, diatas merupakan sistem untuk mengitung nilai resistansi dengan warna yan tertera pada resistor. Dilihat par cincin warna.


Nah, yang diatas ini adalah simbol untuk resistor.



  • Kapasitor

Kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. (wiki)

Untuk mengetahui nilai kapasitor biasanya sudah tertulis di komponen tersbut. Simbol kapasitor kayak gini nih.



  • Transistor

Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal, yaitu Basis (B), Emitor (E) dan Kolektor (C). Tegangan yang di satu terminalnya misalnya Emitor dapat dipakai untuk mengatur arus dan tegangan yang lebih besar daripada arus input Basis, yaitu pada keluaran tegangan dan arus output Kolektor. (wiki)

Secara prinsip, saat ada arus kecil masuk melalui basis, maka arus besar akan melewati bagian kolektor dan emitor. Untuk jenis transistor ada dua, yaitu PNP dan NPN. Untuk simbol transistor disimak diatas.

  • Dioda
Diode adalah komponen aktif dua kutub yang pada umumnya bersifat semikonduktor, yang memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah (kondisi panjar maju) dan menghambat arus dari arah sebaliknya (kondisi panjar mundur). Diode dapat disamakan sebagai fungsi katup di dalam bidang elektronika. 
Diode sebenarnya tidak menunjukkan karakteristik kesearahan yang sempurna, melainkan mempunyai karakteristik hubungan arus dan tegangan kompleks yang tidak linier dan seringkali tergantung pada teknologi atau material yang digunakan serta parameter penggunaan. Beberapa jenis diode juga mempunyai fungsi yang tidak ditujukan untuk penggunaan penyearahan. (wiki)

Nah untuk simbol dioda kayak gini nih.

Hehehehe, maaf tulisan ini banyak nyomot dari wiki, soalnya lebih lengkap hehehehe. 

Wassalamualaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar