Jumat, 10 Januari 2014

Apa Itu Mikrokontroler?

Assalamualaykum, akhirnya bisa berbagi dengan hal hal yang sederhana dulu nih. Pertama kita bakal bahas apa itu mikrokontroler.  Gampangnya mikrokontroler itu ya kayak komputer. Sama-sama punya pengulah utama atau control unit dan punya penyimpan data sementara. eh, ada lagi yaitu punya i/o atau input dan output.

Nah, sekarang kita kan membahas tentang mikrokontroler AVR. Kenapa AVR? Ya karena banyak yag pake, hehehehe. Jenis mikrokontroler AVR yang aku tau ada lima sih, monggo:

  1. Tiny AVR, nih kecil nih. Cuma 8 sampai 32 pin. Kapasitas program sampai 16kB nih.
  2. Mega AVR, nah ni udah banyak yang pakai. Kapasitasnya ada yang sampai 256kB.
  3. AVR Xmega, yang ini ada yang 8 dan 16 bit. Dan performanya lebih dasyat hehehehe.
  4. AVR32 UC3, ini biasanya untuk kerja tinggi dengan daya rendah. Mikro ini termasuk mikro 32-bit.
  5. AVR32 AP7 yang ini kayak yang atas, cuma beda sikit, hehehe,- betul,betul,betul.
Nah ntuh macem-macem mikrokontroler dari AVR, sebenernya ada lagi sih. Kalo gak salah kayak ARM dan yang lain. Bahkan ada yang sudah berbentuk sistem minimum kayak arduino dengan bootloadernya dan kayak mbed denga mikro ARM nya.

Balik maning nang AVR hehehehe, kita bahas AtMega32 aja ya, yang udah banyak yang pakai. Kalau mau pakai yang nih ya baca datasheet dulu yak, monggo disedot.

Ngapain disedot? Ntuh penting mas bro, ada penjelasian masing-masing pin yang mau kita gunain. Monggo diwaos (dibaca). 

Nah lho, ada 40 pin thu. Silahkan diperhatikan. Masing-masing mempunyai fungsi khusus, kayak pinA0 ntuh buat ADC, dan lain-lain. hehehehe. Nah itu dulu ya, next artikel, InsyaAllah tentang pemrogramannya, serta program buat mrogramnya, hayoh opo kui. Yang mau hemat ya pakai simulasi komputer aja ya, walaupun hasilnya ga terlalu akurat. Tapi tunggu next artikel aja yo. Matur suwun, kalo ada yang salah monggo koreksi. 

Wassalammualaykum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar